-->

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Dedot-info | Tanaman-tanaman berikut ini mempunyai bentuk unik dan aneh di dunia

Ada banyak bentuk dan jenis tanaman di dunia ini. Kita sebagai makhluk hidup sangat membutuhkan keberadaan tanaman-tanaman ini. Bisa dibayangkan jika di dunia ini tidak ada tanaman, pastinya tidak akan bisa hidup. Tanaman adalah sumber penghasil oksigen yang sejatinya merupakan jenis udara yang digunakan makhluk hidup untuk bernapas.

Selain itu beberapa jenis tanaman yang ada di bumi ini sering dijadikan bahan pelengkap untuk kebutuhan makan makhluk hidup. Seperti rumput yang menjadi kebutuhan pokok untuk para hewan, dan tanaman padi yang menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.

Di bumi ini memang banyak sekali jenis tanaman, mulai dari tanaman yang biasa kita temukan hingga tanaman langka yang notabenya jarang ada dan hanya tumbuh di beberapa tempat. Di berbagai negara ada beberapa tanaman yang bisa dibilang tanaman aneh dan unik, karena tanaman ini tumbuh dan mempunyai bentuk yang tak biasa.

Berikut 9 Jenis Tanaman Aneh dan Unik yang berasal di berbagai negara dunia :

1. Sea Anemone Mushroom/Octopus Stinkhorn (Jamur Sengatan Tanduk Gurita)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Bentuk Jamur yang satu ini memang unik dan berbeda dengan jenis jamur pada umumnya. Tumbuhan unik dan aneh ini berasal dari Autralia. Saat tanaman ini tumbuh dewasa pada bagian tengahnya akan mengeluarkan sebuah tentakel seperti gurita. Untuk bertahan hidup jamur ini sering mengeluarkan bau tak sedap yang bisa menarik lalat untuk hinggap diatasnya.

2. Hydnellum peckii (Jamur Gigi Bergdarah)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Hydnellum peckii adalah  salah satu diantara puluhan ribu species di kerajaan (kingdom) Fungi  (jamur). Jamur ini memiliki tampilan bentuk yang unik. Paduan antara warna putih dari tubuh buahnya dan cairan bening kemerahan yang muncul saat tubuh buah masih muda. 

Sebagian orang menggambarkannya tumbuhan ini sebagai : Krim dan strowberry (Cream and Stowbery), Permen karet yang bocor, atau gigi yang mengalami pendarahan (Bleeding tooth fungus). Sebagian orang yang lain memang mengiimajinasikan warna merah nya dengan jus atau darah.

3. Chinese Black Batflowers (Bunga Kelelawar Hitam China)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Tumbuhan Chinese Black Batflowers (Bunga Kelelawar Hitam China) tergolong tumbuhan langka. Tumbuhan Chinese Black Batflowers (Bunga Kelelawar Hitam China) yang seperti kelelawar ini sungguh unik dan menarik. Seakan akan tidur menggelantung dengan posisi kepala terbalik seperti kelelawar. Mungkin dari itu dinamakan Chinese Black Batflowers (Bunga Kelelawar Hitam China).


4. Doll’s Eye (Mata Boneka)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Tanaman ini menang unik dan aneh, karena keunikan-nya tersebut tanaman ini dapat menghasilkan bunga-bunga yang unik yang mirip dengan mata boneka. Doll’s Eye disebut juga dengan nama White Baneberry.

Dengan daunnya yang hijau dan bunganya yang mungil, tanaman ini tidak terlihat berbahaya. Bunganya biasa digunakan sebagai kerajinan tangan. Namun tanaman ini tidak bisa di konsumsi kalau pun di konsumsi dapat menyebabkan lapisan otot jantung menjadi tenang sehingga memperlambat detak jantung yang berakibat fatal jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

5. Devil’s Claw (Cakar setan)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Harpagophytum procumbens ini tumbuh liar di selatan Afrika. Cakar Setan dapat digunakan sebagai pereda nyeri otot, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, gout, bursitis, tendonitis, kehilangan nafsu makan dan gangguan pencernaan. Cakar Setan telah menjadi pengobatan anti-inflamasi dan arthritis yang populer sejak pertama kali ditemukan di Afrika Selatan oleh orang Eropa pada abad ke-18. Di antara berbagai bahan kimia yang terkandung pada cakar setan, harpagide dan harpagoside (iridoid glikosida) dianggap sebagai anti-inflamasi aktif yang efektif untuk mengobati gejala rematik. 

6. Porcupine Tomato (Tomat Landak)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia


Tanaman Porcupine Tomato (Tomat Landak) berasal dari Madagaskar. Memiliki julukannya Little Australia. Selain duri yang tajam dan beracun, Porcupine Tomato (Tomat Landak) adalah spesies yang berpotensi invasif, karena sulit untuk mati, bahkan dalam kekeringan. Tanaman Porcupine Tomato (Tomat Landak) menyebar cepat, dan dapat mencapai tinggi 8 meter, dalam jumlah yang relatif singkat.

Nama latin dari tumbuhan Porcupine Tomato adalah Solanum pyrachanton. Tanaman Porcupine Tomato memiliki aneka macam racun tropane alkaloids di daunnya, durinya maupun buahnya yang sangatlah berbahaya bagi manusia.

7. Cedar-Apple Rust Fungus (Cedar-Apel Jamur Karat)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

CARF adalah infeksi jamur yang menyerang cedar dan pohon apel.Ini menghasilkan bola jamur globular di mana saja dari inci 1 / 4 sampai 2 inci dengan diameter dan kantung "tanduk spora" ketika cuaca basah, mengubahnya menjadi bola Koosh dari neraka.

8. Buddha’s Hand (Tangan Buddha)

8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia

Buah dengan nama Buddha’s Hand ini merupakan salah satu buah dengan bentuk unik yang ditemukan di negara Asia. Seperti yang terdengar oleh namanya. Buah ini mempunyai bentuk seperti jari – jari tangan manusia dengan corak warna kuning. Buah ini juga merupakan salah satu buah yang jika di negara barat merupakan makanan dengan harga yang mahal. Tak hanya itu, Beberpa warga di Jepang dan Cina memanfaatkan buah ini sebagai pengharum ruangan. Karena aromanya yang khas seperti buah jeruk.

0 Response to "8 Jenis Tanaman Dengan Bentuk Aneh Di Dunia"

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung Kawan :
>>Silahkan Berkomentar sesuai dengan topik pembahasan
>>Jangan Lupa Follow juga Blognya, dan saya juga akan Follow kembali akun Blog Anda :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel